USD
Rp14.117
(+0.34%)
SGD
Rp10.472
(+0.15%)
EUR
Rp16.075
(+0.05%)
AUD
Rp10.056
(-0.04%)
DKK
Rp2.154
(+0.05%)
SEK
Rp1.541
(+0.03%)
CAD
Rp10.583
(+0.47%)
NZD
Rp9.731
(-0.23%)
GBP
Rp18.552
(+0.48%)
HKD
Rp1.799
(+0.31%)
JPY
Rp128
(-0.51%)
SAR
Rp3.770
(+0.16%)
CNY
Rp2.110
(+0.29%)
MYR
Rp3.488
(-0.01%)
THB
Rp445
(+0.29%)

Bunda, Si Kecil Susah Diajak Tidur Siang? Yuk, Coba Tips Berikut Ini

Milenia.id – Si kecil susah diajak tidur siang? Bunda wajib ikutin cara ini.

Ternyata, banyak manfaat dari tidur siang untuk kesehatan seorang anak. Tapi, terkadang ada saja alasan Si Kecil untuk menolak tidur siang. Nah, beberapa tips berikut bisa Bunda terapkan, agar anak lebih mudah diajak tidur siang. Dari alodokter.com.

Memenuhi Waktu Tidur Anak

Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk mencukupi kebutuhan tidur anak adalah dengan membiasakannya tidur siang. Kebutuhan tidur anak usia 1-3 tahun adalah 12-14 jam per hari, sementara anak usia 3-5 tahun sekitar 11-12 jam per hari. Sedangkan anak usia 5-12 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 10-11 jam per hari.

Terpenuhinya kebutuhan waktu tidur anak dapat mendukung kesehatannya, termasuk:

  • Memaksimalkan perkembangan fisik dan mental.
  • Mengurangi risiko obesitas.
  • Meningkatkan daya tubuh anak.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung ketika dewasa.

Sebagian orang tua mungkin berpikir jika anak dibiarkan tidur pada siang hari, maka ia akan kesulitan tidur di malam hari. Padahal, kurang tidur justru dapat membuat Si Kecil gelisah saat tidur malam dan mudah terbangun. Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat anak menjadi terlalu lelah untuk makan malam

Cara Membiasakan Anak Tidur Siang

Sebelum mulai membiasakan anak untuk tidur siang, Bunda perlu mengetahui dulu waktu dan durasi tidur yang disarankan untuk anak. Waktu tidur siang ideal mulai pukul 13.30-14.00. Waktu tidur yang terlalu sore, dapat mengganggu kualitas tidurnya di malam hari, atau membuatnya jadi tidur lebih malam. Sedangkan durasi tidur siang yang ideal untuk anak adalah 90 menit.

Beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membiasakan Si Kecil tidur siang adalah:

  • Kenali tanda Si Kecil mengantuk
    Bunda dapat mengenali tanda-tanda Si kecil lelah, ketika ia mulai rewel, mengusap-usap mata, dan terlihat ceroboh dalam beraktivitas. Jika Bunda melihat tanda-tanda tersebut, segera ajak anak ke kamarnya dan bujuk dia untuk tidur.  Matikan lampu atau redupkan penerangan di dalam kamar, serta hindari semua hal yang bisa mengganggu kenyamanan tidur.
  • Ajak Si Kecil untuk beraktivitas ringan di kamar
    Sebelum waktu tidur siang, Bunda juga bisa mengajak Si Kecil untuk membaca buku, bermain, atau melakukan aktivitas ringan di kamar. Hal ini dapat membuat anak tidur siang dengan sendirinya. Walaupun mungkin Si Kecil tidak selalu bisa tidur siang, setidaknya ia bisa mendapatkan istirahat yang cukup di kamar.
  • Lakukan rutinitas sebelum tidur 
    Sama halnya seperti tidur di malam hari, Bunda bisa melakukan suatu rutinitas atau kebiasaan tidur yang sama pada siang hari. Misalnya, membacakan buku cerita atau menepuk-nepuk punggungnya. Jangan lupa juga untuk menciptakan suasana tidur yang senyaman mungkin ya, Bun.
  • Konsisten dengan jadwal tidur
    Selain melakukan kebiasaan tidur yang sama, pastikan juga Bunda selalu konsisten dengan jadwal tidur Si Kecil. Cobalah menidurkan anak pada tempat dan jam yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Jadwal tidur yang sama setiap harinya akan membuat Si Kecil merasa nyaman untuk tidur siang.

Bunda. Jangan lewati waktu tidur anak, ya. Karena manfatnya sangat baik dan banyak banget. Jika Si Kecil masih juga susah tidur, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak.

 

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More