USD
Rp14.117
(+0.34%)
SGD
Rp10.472
(+0.15%)
EUR
Rp16.075
(+0.05%)
AUD
Rp10.056
(-0.04%)
DKK
Rp2.154
(+0.05%)
SEK
Rp1.541
(+0.03%)
CAD
Rp10.583
(+0.47%)
NZD
Rp9.731
(-0.23%)
GBP
Rp18.552
(+0.48%)
HKD
Rp1.799
(+0.31%)
JPY
Rp128
(-0.51%)
SAR
Rp3.770
(+0.16%)
CNY
Rp2.110
(+0.29%)
MYR
Rp3.488
(-0.01%)
THB
Rp445
(+0.29%)

Ciri Dasar Emak-emak Millenial,  Kamu Termasuk Gak Nih?

Milenia.id – Hai bund.  Seberapa millennial kah Anda?  Ternyata,  demam millenial bukan hanya untuk anak -anak muda.  Ya, generasi millenial juga menyentuh kalangan orang tua, khususnya para emak-emak.

Sebagai gambaran singkat, Generasi Milenial, yang juga punya nama lain Generasi Y, adalah kelompok manusia yang lahir di atas tahun 1980-an hingga 1997. Mereka disebut millenial karena satu-satunya generasi yang pernah melewati milenium kedua sejak teori generasi ini diembuskan pertama kali oleh Karl Mannheim pada 1923.

Karakteristik umum generasi millenial adalah keakraban pada teknologi komunikasi digital. Seperti apa sih ciri mama millenial?

Melek teknologi

Mama millennial adalah penggemar teknologi. Gadget jadi sahabatnya, bahkan jadi penentu status sosialnya di masyarakat. Pola perilakunya pun berbeda dengan generasi sebelumnya, misalnya terbiasa mencari informasi lewat mesin pencarian daripada membaca buku, mulai dari hal-hal sepele sampai hal yang rumit.

Selain itu, mama millennial sangat paham bila gawai sangat memanjakan hidup mereka. Salah satunya kemudahan dalam berbelanja online. Mereka berpikir tak perlu repot-repot pergi ke mal yang macet, susah parkir, kalau barang yang diinginkan bisa diantar ke rumah.

Kekurangannya adalah sulit untuk membendung derasnya informasi yang masuk. Informasi yang salah atau hoax mudah sekali dipercaya tanpa penelurusan lebih lanjut. Jadi, jangan sampai jadi ‘korban teknologi’ ya moms!

Lebih percaya website dari pada omongan teman

Website atau blog bagi Mama Milenial ada kalanya berfungsi sebagai konsultan pribadi. Ketika berhadapan dengan suatu masalah, atau memerlukan informasi, Anda akan meraih gadget kemudian mulai memasukkan kata kunci pada laman Google.

Jika Anda sudah punya website langganan atau yang Anda percayai, Anda pun langsung mengetikkan alamat website tersebut.

Lebih suka belanja online

Meski tidak semua keperluan rumah tangga dibeli melalui online, ada kalanya Mama Milenial berpikir: “untuk apa berlelah-lelah ke supermarket, jika gadget dapat melakukan segalanya.”

Gaya hidup sehat

Ternyata gaya hidup sehat sudah sangat disadari oleh para mama millennial. Mulai dari menjaga pola makan, olahraga yang teratur dan menjaga pola istirahat dengan baik.

Namun, tidak sedikit juga yang suka mencicip hal-hal baru seperti, berkunjung ke kafe atau restoran baru atau mencoba segala hal yang dekat dengan kebiasaan orang-orang barat.

Berpikiran terbuka

Lebih terbuka dan cepat menerima perubahan. Ini juga salah satu ciri mama millennial. Soal pengasuhan anak, kebanyakan mama millennial tidak ingin membesarkan anak-anak mereka dengan cara yang sama seperti mereka dibesarkan. Karena itu mereka memiliki pola asuh yang lebih menyenangkan, santai, dan suportif. Mama millennial juga lebih lebih berempati.

Banyak kesibukan

Mama millennial tidak bisa berdiam diri. Meski memilih menjadi ibu rumah tangga atau ibu bekerja, mereka juga banyak yang tetap mencari kesibukan lain untuk membuat mereka tetap produktif atau melakukan pekerjaan yang lebih fleksibel. Umumnya, mereka tetap ingin menjalankan passion dan profesi mereka yang terpendam, sehingga banyak sekali yang dikerjakan. Meskipun demikian, keluarga tetap menjadi prioritasnya dan mereka pun lebih bahagia menjalankan perannya sebagai orang tua.

Memberi kesempatan pada anak untuk mengakses internet

Sebagian orang tua milenial bahkan memberikan gadget khusus untuk si kecil. Meski ia belum dibiarkan penuh untuk mengelolanya. Jika tidak demikian, anak diperbolehkan berkenalan atau mengeksplorasi teknologi internet melalui gadget orang tuanya.

Mama,  sudah millenial kah kamu?

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More