USD
Rp14.117
(+0.34%)
SGD
Rp10.472
(+0.15%)
EUR
Rp16.075
(+0.05%)
AUD
Rp10.056
(-0.04%)
DKK
Rp2.154
(+0.05%)
SEK
Rp1.541
(+0.03%)
CAD
Rp10.583
(+0.47%)
NZD
Rp9.731
(-0.23%)
GBP
Rp18.552
(+0.48%)
HKD
Rp1.799
(+0.31%)
JPY
Rp128
(-0.51%)
SAR
Rp3.770
(+0.16%)
CNY
Rp2.110
(+0.29%)
MYR
Rp3.488
(-0.01%)
THB
Rp445
(+0.29%)

Makan Banyak Tapi Tetap Kurus?  Segera Cari atau Penyebabnya

Milenia.id — Anda kadang mungkin bingung, atau bahkan iri, melihat seseorang yang hobi banyak makan tapi berat badannya tidak bertambah. Pada kebanyakan orang, hal ini bisa menunjukkan bahwa mereka memiliki metabolisme yang cepat. Namun pada yang lainnya, berat badan yang tidak kunjung bertambah atau justru semakin berkurang meski sudah makan banyak bisa menandakan sesuatu yang salah pada tubuhnya. Apa saja penyebab seseorang sudah banyak makan tapi tetap kurus?

Sebagian orang mungkin sulit sekali untuk menambah berat badan. Meski telah mengonsumsi banyak makanan, namun tubuhnya tetap kurus dan berat badan tetap di bawah normal. Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya, dari alodokter.com, Senin (18/2).

Genetik atau keturunan

Faktor keturunan atau genetik dapat membuat seseorang memiliki metabolisme cepat. Metabolisme berperan penting dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.

Terlalu banyak beraktivitas

Aktivitas fisik yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab berat badanmu susah naik. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh membakar kalori lebih banyak. Jika aktivitasmu berlebihan, misalnya olahraga terlalu berat atau terlalu sering, tubuhmu akan tetap kurus meski sudah mengonsumsi banyak makanan.

Menderita penyakit kronis

Penyakit berat yang terjadi dalam jangka waktu panjang, dapat membuat berat badanmu kian turun. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan seseorang menjadi kurus adalah infeksi tuberkulosis, diabetes, penyakit tiroid, AIDS, dan kanker.

Stres

Stres dapat memicu pola hidup yang kurang sehat, termasuk pola makan. Kondisi ini bisa saja menjadi penyebab kamu kesulitan meningkatkan berat badan. Beragam hal bisa menjadi penyebab stres, mulai dari krisis kepercayaan diri, masalah keluarga, hingga masalah pekerjaan.

Selain itu, berat badanmu juga bisa sulit naik apabila sedang menjalani pengobatan tertentu, kecanduan alcohol, atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Tubuh yang kurus mungkin sepintas tampak sehat. Tapi kamu perlu berhati-hati bila tubuhmu terlalu kurus, dengan indeks massa tubuh di bawah 18,5.  Jika dibiarkan, daya tahan tubuhmu bisa menurun sehingga rentan sakit. Kamu juga akan lebih rentan mengalami anemia, osteoporosis, dan gangguan kesuburan.

Untuk menambah berat badan, pada prinsipnya kamu harus memerhatikan jumlah asupan kalori. Pastikan jumlah kalori yang masuk, lebih besar daripada yang kamu keluarkan.

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah berat badan secara alami, yaitu:

Menambah asupan kalori dari makanan sehat.

Sebagai usaha awal, kamu tidak perlu terlalu banyak mengubah pola makan. Mulailah dengan meningkatkan jumlah asupan kalori dengan menambahkan bahan makanan tertentu. Misalnya menambahkan keju ke dalam roti, atau menambahkan kentang dan telur puyuh ke dalam sup ayam.

Penuhi kebutuhan nutrisi

Kamu bisa mencukupi kebutuhan kalori dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti kentang, telur, alpukat, selai kacang, dan susu. Kamu juga bisa menikmati camilan sehat di sela-sela waktu makan, misalnya roti, selai kacang, dan buah-buahan.

Makan dengan porsi kecil

Orang yang kurus dan kesulitan menambah berat badan biasanya lebih mudah kenyang dan sering tidak menghabiskan makanan. Maka untuk menambah kalori, kamu bisa membagi porsi makanmu menjadi lebih kecil, namun frekuensinya ditingkatkan menjadi 5-6 kali sehari. Dengan begitu, kamu bisa makan lebih banyak tanpa harus merasa kekenyangan.

Hindari minum terlalu banyak sebelum makan

Agar metabolisme tubuh berjalan optimal, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan, dengan cara minum air putih minimal 8 gelas per hari. Namun, hindari minum banyak air putih sebelum makan karena akan membuatmu kenyang, sehingga kamu tidak nafsu makan.

Rutin berolahraga

Bukan hanya untuk menurunkan berat badan, olahraga juga penting untuk menambah berat badan lho. Rutin berolahraga akan membantu meningkatkan massa otot, sehingga tubuh lebih bugar dan tampak berisi. Kamu bisa melatih kekuatan otot dengan angkat beban atau melakukan olahraga renang, yoga, dan pilates.

Tidur berkualitas

Untuk menambah berat badan, upayakan kamu mencukupi waktu tidur dengan kualitas tidur yang baik. Tidur yang cukup bermanfaat untuk pertumbuhan otot-otot tubuh, sehingga dapat menambah berat badan.

Jika cara-cara menambah berat badan di atas tetap tidak berhasil, kamu dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter gizi. Dokter akan memberitahu cara menambah berat badan yang tepat untukmu.

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More