USD
Rp14.096
(+0.1%)
SGD
Rp10.401
(+0.04%)
EUR
Rp15.956
(+0.12%)
AUD
Rp10.044
(+0.5%)
DKK
Rp2.138
(+0.12%)
SEK
Rp1.508
(+1.27%)
CAD
Rp10.621
(+0.4%)
NZD
Rp9.652
(+0.44%)
GBP
Rp18.314
(-0.37%)
HKD
Rp1.796
(+0.11%)
JPY
Rp127
(+0.15%)
SAR
Rp3.759
(+0.09%)
CNY
Rp2.085
(+0.03%)
MYR
Rp3.453
(+0.24%)
THB
Rp452
(-0.03%)

2.000 Durian Dibagikan Dalam Festival Durian Banten

Milenia.id –  Dinas Pertanian Provinsi Banten membagikan sekitar 2.000 durian kepada pengunjung Festival Durian dan Lomba Cipta Karya Durian Banten tahun 2019 di Kebun Hutan, Nancang, Kota Serang, Provinsi Banten, Selasa (12/2).

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan, festival durian tahun keempat ini untuk menegaskan Banten berpotensi sebagai penghasil komoditas durian lokal Banten.

“Banten sendiri memiliki tiga wilayah sentra penghasil durian yang variannya beragam dengan rasa yang mantap, seperti di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Serang,” kata Agus.

Saat ini, sekitar  304.000 pohon durian tumbuh di Banten dan jumlah panen lebih dari 400 kwintal durian. Menurut dia, durian lokal Banten patut diperhitungkan dan dapat bersaing dengan durian lokal dari daerah lainnya.

Program yang perlu didorong untuk pengembangan komoditas buah durian di antaranya peningkatan nilai tambah produk pertanian, pengembangan sistem pemasaran buah durian.

Selain itu,  penyediaan sarana pengangkutan dan pengembangan kemitraan.

Tiga kabupaten di Provinsi Banten itu hasil duriannya sudah ditetapkan sebagai komoditas unggulan.

“Pada tahun 2017 pula, Kabupaten Serang ditetapkan sebagai kabupaten durian,” ucapnya.

Prospek pengembangan agribisnis di Provinsi Banten pada masa mendatang sangat menjanjikan karena didukung  geografi dan strategis letak wilayah Banten yang dekat Ibu Kota Jakarta.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten Agus M Tauchid

 

Selain durian, kata Agus, beberapa komoditas hortikultura yang menjadi perhatian Provinsi Banten bahkan nasional adalah cabai merah dan bawang merah.

Dalam beberapa tahun terakhir, komoditi cabai kerap membuat gejolak dalam tingkat inflasi.

Oleh karena itu, komoditas cabai termasuk dalam komoditi strategis yang dikendalikan oleh pemerintah, selain komoditi pangan lainnya seperti beras, jagung, kedelai, daging sapi, dan gula.

Tidak hanya itu, wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang dalam peningkatan produksi dan pemasaran buah manggis melalui percepatan registrasi kebun.

Pada awal tahun 2019, Banten telah mengekspor buah manggis ke  China oleh petani manggis Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang.

“Perlu disadari juga bahwa DKI Jakarta selama ini mengandalkan pasokan kebutuhan sayuran dari daerah-daerah sekitarnya seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung,” ucap Agus.

Menurut dia, dibandingkan dengan daerah-daerah tersebut, Banten posisinya lebih dekat dengan Jakarta sehingga kerusakan produk selama pengiriman dapat dihindari.

Ketua Yayasan Durian Indonesia Adi Gunadi mengapresiasi acara Festival Durian keempat oleh Pemprov Banten.

Menurutnya, potensi komoditas hortikultura lokal seperti durian harus terus didukung oleh pemerintah dan unsur lainnya.

Alasannya, agar durian terus berkembang dan terus dinikmati oleh generasi-generasi berikutnya.

Dia juga mengapresiasi hasil panen durian Banten yang melimpah ruah yang rasanya tidak kalah mantap dengan durian lokal dari daerah lainnya.

Adi Gunadi mengatakan, rasa durian Banten mantap sehingga tim penilai harus bekerja keras menentukan pemenangnya.

“Karena semua memiliki karakteristik tersendiri mulai dari bentuk, tekstur, warna, aroma hingga rasa,” ujar Adi Gunadi.

 

 

 

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More