USD
Rp14.110
(+0.23%)
SGD
Rp10.406
(+0.17%)
EUR
Rp15.976
(+0.01%)
AUD
Rp10.094
(+0.14%)
DKK
Rp2.141
(+0.02%)
SEK
Rp1.527
(-0.12%)
CAD
Rp10.664
(+0.13%)
NZD
Rp9.694
(+0.17%)
GBP
Rp18.246
(-0.04%)
HKD
Rp1.798
(+0.23%)
JPY
Rp128
(+0.32%)
SAR
Rp3.762
(+0.24%)
CNY
Rp2.085
(+0.13%)
MYR
Rp3.461
(+0.05%)
THB
Rp452
(+0.11%)

Sering Bikin Acara dan Pingin Dipublikasi, Ikuti Cara Ini Agar Proposal Kerjasama Media Partnership Kamu Berhasil

Milenia.id – Hai Milenials. Kamu biasa bikin acara dan rasanya pingin sekali bekerjasama dengan media publikasi? Tentu, ada langkah-langkah yang harus ditempuh, dong.

Pastinya, ngga ribet dan santai.

Saat ini, berkembang media digital yang bisa jalan bareng dengan kamu, nieh. Tujuannya, agar acara kamu bisa diketahui banyak orang, event kamu jadi sukses, dan pastinya semua jadi senang.

Bagaimana caranya?

Buatlah Proposal Penawaran yang Menarik

Jadi Milenials, sebelum kamu ingin mencari media partner, langkah yang harus dilakukan adalah dengan menyusun proposal penawaran yang menarik. Kamu bisa menjelaskan bagaimana konsep kegiatan, waktu dan lokasi acara.

Bagi beberapa perusahaan media yang sudah besar, setiap harinya menerima ratusan proposal kerja sama. Dari ratusan itu akan diseleksi di mana proposal yang menarik dan proposal yang tidak menarik untuk dibaca.

Maka dari itu, buat proposalmu dengan menarik dari segi visual. Hal ini karena proposal acara berbeda dengan proposal penelitian skripsi. Proposal penelitian skripsi kamu memakai kertas HVS saja sudah tepat. Namun kalau mengajukan kerjasama media partnership ke perusahaan media dengan tampilan yang apa adanya, jangankan dibaca, mungkin proposalmu hanya menjadi tumpukan yang akan dimasukkan ke gudang.

Sesuaikan Sasaran Acaramu dengan Media yang Akan Diajak Kerja Sama

Di Indonesia perusahaan media tersebar mulai dari media cetak, media digital, dan media elektronik. Masing-masing media tersebut punya audiensi masing-masing. Ada yang audiensinya usia anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua.

Selain memilih perusahaan media yang akan diajak kerjasama sesuai dengan jenisnya (cetak, digital, dan elektronik), pilih juga yang sesuai dengan sasaran acara kamu. Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan. Jangan sampai sasaran acaramu adalah orang-orang di usia remaja dan dewasa, tapi kamu bekerja sama dengan perusahaan media yang audiensinya adalah orang tua.

Di Banten maupun di daerah lain, juga saat ini banyak berdiri kantor media digital yang bisa diajak bekerjasama dengan kamu, kapan pun dan di mana pun.

Siapkan Anggaran Untuk Media Partnership Sesuai Dengan Kapasitas Acaramu

Langkah ini juga termasuk bagian yang penting. Walaupun harapan kamu akan mendapat kerjasama yang gratis, tapi hal ini tidak berlaku untuk semua perusahaan media yang kamu ajak kerja sama.

Sebagai penyelenggara acara, penentuan anggaran pasti sudah diperhatikan baik-baik. Jangan lupa untuk menyiapkan anggaran untuk kerjasama media partnership.

Karena untuk perusahaan media elektronik misalnya, untuk melakukan suatu liputan kegiatan dibutuhkan operasional yang memiliki biaya. Sebenarnya biaya operasional inilah yang menjadi tanggungjawab pihak penyelenggara acara yang mengajak kerjasama. Tentu kalau ingin mengajak kerjasama media cetak dan elektronik, kamu juga harus menyiapkan anggaran yang besar.

Perhatikan Waktu Pengiriman Proposal dengan Jadwal Acaramu

Waktu pengiriman proposal juga berpengaruh terhadap kesuksesan acaramu. Karena kamu harus mempertimbangkan kapan acaramu diselenggarakan dengan birokrasi yang ada di perusahaan media.

Waktu 30 hari sebelum acara adalah waktu yang maksimal untuk kamu mengirimkan proposal. Ini karena birokrasi di perusahaan media besar biasanya memakan waktu sekitar dua minggu untuk proses peninjauan proposal. Kalau mereka berminat dengan penawaranmu, dalam waktu dua minggu itu bisa langsung tanda tangan kerja.

Jangan dadakan, ya.

Jalin Komunikasi yang Baik Dengan Media yang Kamu Hubungi

Setelah mengirimkan proposal, minta kontak media digital yang kamu hubungi dalam proses pengiriman proposal.  Hal ini bertujuan untuk kamu melakukan follow up tentang kerja sama itu. Meminta kontak ini juga dapat memperluas jaringanmu. Jika satu atau dua tahun ke depan acaramu akan diselenggarakan lagi, kamu tinggal menghubungi kembali kontak yang kamu miliki itu.

Hai milenials di Provinsi Banten, kamu bisa mengajak Milenia.id untuk terlibat dalam setiap kegiatan kamu. Kamu cukup datang ke kantor yang berlokasi di Jalan Nusantara B2, No 3, Ciceri Permai, Kota Serang, Provinsi Banten. Dan, bisa menghubungi ke kontak person ke 08111170701.

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More