USD
Rp14.096
(+0.1%)
SGD
Rp10.401
(+0.04%)
EUR
Rp15.956
(+0.12%)
AUD
Rp10.044
(+0.5%)
DKK
Rp2.138
(+0.12%)
SEK
Rp1.508
(+1.27%)
CAD
Rp10.621
(+0.4%)
NZD
Rp9.652
(+0.44%)
GBP
Rp18.314
(-0.37%)
HKD
Rp1.796
(+0.11%)
JPY
Rp127
(+0.15%)
SAR
Rp3.759
(+0.09%)
CNY
Rp2.085
(+0.03%)
MYR
Rp3.453
(+0.24%)
THB
Rp452
(-0.03%)

Bahaya,  Jangan Minum Air Sambil Berdiri

Milenia.id – Air adalah sumber kehidupan.  Manusia membutuhkan banyak air untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kesehata tubuh. Akan ada banyak masalah kesehatan dan penyakit bahkan masalah berat badan dapat terselesaikan jika Anda tetap mengikuti asupan air secara teratur.

Untuk kesehatan yang ideal, penting bagi seseorang minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Selain itu, kita semua memiliki kebiasaan minum air dengan segera dalam keadaan berdiri.

Kita merasa tidak ada yang salah dengan hal itu. Namun pada kenyataannya, seperti yang dilansir dari Times of India, nutrisi yang diperlukan tidak masuk dalam tubuh ketika minum air dalam keadaan berdiri. Air yang dikonsumsi dengan cara yang tidak benar bisa berisiko sangat buruk bagi Anda dan menimbulkan risiko masalah kesehatan.

Pelatih kesehatan Nikita Parmar juga menyoroti beberapa bahaya minum air sambil berdiri. Berdiri dan minum air membuat tubuh tidak selaras dengan alam dan memicu sistem saraf.

Ini akan membuat tubuh merasa menghadapi bahaya. Nutrisi benar akan sia-sia dengan cara ini dan tubuh pasti akan stres atau tegang.

Yang terburuk adalah minum air dengan cara ini tidak benar-benar memuaskan dahaga, karena air mengalir langsung. Nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tidak mencapai hati dan saluran percernaan.

Ini karena ketika Anda berdiri dan minum air, air mengalir melalui sistem dengan sangat cepat dan berisiko terhadap fungsi paru-paru dan jantung Anda. Tingkat oksigen juga terganggu bila minum dengan cara ini.

Menurut praktik kesehatan Ayuverda, tubuh dirancang sedemikian rupa sehingga mendapatkan manfaat maksimal ketika duduk dan berolahraga. Itulah sebabnya orang tua selalu menyuruh makan dan minum sambil duduk.

Ketika minum air sambil berdiri, air yang masuk melewati sistem mengalir lurus dan tidak benar-benar mencapai organ tubuh seharusnya. Oleh karena itu, kotoran yang seharusnya keluar malah tersimpan di ginjal dan kandung kemih.

Minum sambil berdiri berisiko membuat nyeri sendi, degenerasi tulang, dan lemah tubuh.

Oleh karena itu sangat disarankan meminum air sambil duduk dan menjaga pungung tetap tegak. Ketika minum air dari botol atau gelas sambil duduk, nutrisi akan mencapai otak dan meningkatkan aktivitasnya.

Minum sambil duduk juga membantu pencernaan lebih baik dan memastikan tidak terasa kembung setelah minum air. Air minum akan melewati jalur yang dirancang secara teratur dan memastikan semua manfaat dicapai dalam organ tubuh.

Dilansir dari Liputan6.com, Rabu (6/2) berikut ini penyakit yang dapat terjadi akibat minum sambil berdiri.

1. Memicu arthritis

Penyakit arthritis disebabkan karena terganggunya keseimbangan cairan dalam tubuh yang tersalurkan sampai bagian sendi, hal ini memicu peradangan pada sendi. Selain terjadi peradangan, arthritis menyebabkan kaku sehingga dapat terjadi pembengkakan di bagian sendi. Penyakit pada sendi seperti arthritis dapat menyulitkan penderitanya untuk bergerak secara bebas.

2. Naiknya asam lambung

Jika kita sering minum pada posisi berdiri, bagian tubuh yang paling terkena dampaknya adalah bagian lambung. (Gastroesophageal Reflux Disease) GERD atau bisa disebut naiknya asam lambung terjadi karena tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran yang menuju ke lambung.

Hal ini mengakibatkan tercampurnya asam dalam lambung naik ke arah sebaliknya sehingga memberikan sensasi panas pada bagian perut.

Selain itu minum berdiri juga mengakibatkan terkikisnya dinding lambung. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam pencernaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung dapat berbahaya bagi sistem pencernaan lainnya.

3. Merusak ginjal

Minum berdiri juga dapat berbahaya bagi ginjal karena penyaringan yang tidak sempurna dapat merusak fungsi ginjal dalam bekerja. Hal ini akan mengarah pada gangguan saluran kandung kemih.

4. Saraf tegang

Hal buruk lainnya yang dapat terjadi ketika anda minum berdiri adalah tegangnya urat saraf. Saat kita berdiri, sistem urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga kesimbangan. Namun jika Anda minum saat duduk dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang menenangkan pikiran dan meringankan proses pencernaan.

Minum air memang bagus untuk kesehatan namun harus didampingi dengan kebiasaan cara minum yang baik untuk menghindari berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More