USD
Rp14.096
(+0.1%)
SGD
Rp10.401
(+0.04%)
EUR
Rp15.956
(+0.12%)
AUD
Rp10.044
(+0.5%)
DKK
Rp2.138
(+0.12%)
SEK
Rp1.508
(+1.27%)
CAD
Rp10.621
(+0.4%)
NZD
Rp9.652
(+0.44%)
GBP
Rp18.314
(-0.37%)
HKD
Rp1.796
(+0.11%)
JPY
Rp127
(+0.15%)
SAR
Rp3.759
(+0.09%)
CNY
Rp2.085
(+0.03%)
MYR
Rp3.453
(+0.24%)
THB
Rp452
(-0.03%)

Catat!  Tips Agar Berat Badan tak Melonjak Usai Imlek

Milenia.id – Hari ini sebagian warga Thionghoa merayakan tahunBaru Imlek 2570. Seperti biasanya, Para Milenials yang ikut merayakan, pasti berkumpul dengan keluarga besarnya lalu makan bersama.

Ada banyak makanan yang biasanya tersaji saat perayaan Imlek seperti kue tar nanas, bak kwa, kue kacang, kueh lapis hingga yu sheng dan nian gao.  Tapi, perlu ada batasnya.  Jangan sampai setelah imlek,  berat badan kita menjadi naik.

Tak sedikit orang lupa menakar asupan makanannya sehingga berat badan bertambah setelah Imlek.

Sebanyak 500 kkal makanan (setara dengan 1,5 iris bak kwa, atau enam tar nanas) per hari dapat menyebabkan berat badan naik setengah hingga satu kilogram dalam seminggu.

Artinya, setelah periode perayaan 15 hari, Anda bisa jadi dua kilogram lebih berat.

Berikut, terdapat delapan cara agar Anda tetap sehat usai merayakan tahun baru Imlek ini seperti dilansir dari Antaranews yang dikutip Selasa, (5/2).

1. Makanlah beberapa buah sebelum ngemil

Jeruk Mandarin bisa menjadi pilihan sebelum Anda menikmati tart nanas. Buah ini mengandung serat vitamin C untuk membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mungkin akan mengurangi asupan makanan ringan yang sarat gula.

2. Tetapkan batasan Anda sendiri
Diet terbaik adalah yang direncanakan.

Jadi ingatlah berapa banyak asupan makanan Anda. Cobalah untuk tidak makan lebih dari lima potong camilan per kunjungan.

Gunakan piring kecil atau mangkuk untuk berbagi makanan pada kerabat dan cobalah untuk tidak makan makanan yang sama dua kali.

Memilih piring yang lebih kecil membantu Anda makan lebih sedikit karena jumlah makanan yang sama terlihat lebih besar di piring yang lebih kecil.

Sebagai tuan rumah, memotong bak kwa menjadi potongan-potongan kecil akan membantu semua orang ngemil dengan lebih moderat.

3. Makan perlahan

Makan perlahan memastikan Anda tidak makan berlebihan. Plus, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk bertemu dengan kerabat yang hanya dapat Anda temui setahun sekali.

4. Hindari berkunjung ke rumah kerabat dengan perut kosong

Cara ini akan membantu Anda menghindari kudapan dan kue kering berkalori tinggi. Makan makanan ringan seperti roti gandum utuh dengan segelas susu atau yoghurt dengan buah segar, sebelum Anda pergi untuk berkunjung ke rumah kerabat.

5. Minum secara bijak

Jika Anda pikir Anda bisa mengurangi berat badan dengan minum daripada mengemil saat berkunjung ke rumah, pikirkan lagi. Minuman 250 ml dengan pemanis mengandung sebanyak 5,5 sendok teh gula, setengah dari batas asupan gula yang direkomendasikan ahli kesehatan.

Pilih minuman rendah gula yang mengandung setidaknya 25 persen lebih sedikit gula daripada minuman manis biasa lainnya, atau gunakan teh hijau bebas gula dan teh oolong. Lebih baik lagi, air putih.

6. Hitung kalori Anda

Fokus pada kualitas, bukan kuantitas. Daripada mencicipi semua hidangan di meja makan, pilih tiga hingga lima favorit Anda, atau sesuatu yang tidak bisa Anda makan setiap hari. Ambil porsi yang lebih kecil karena makanan seperti tart lebih banyak kalori daripada biasanya.

7. Gunakan bahan-bahan alami untuk membumbui hidangan

Anda Sebagai tuan rumah, menyajikan makanan yang lebih bergizi tidak berarti hal sulit. Tambahkan bumbu dengan rempah-rempah, jus lemon atau buah-buahan, tanpa atau tambahkan sedikit gula atau garam. Misalnya, jika Anda membuat kue tar nanas, gunakan buah segar untuk rasa lebih banyak dan lebih sedikit kalori.

8. Siapkan makanan dengan cara memasak yang lebih sehat

Gunakan lebih sedikit minyak untuk mengurangi konsumsi kalori. Gantilah makanan olahan seperti stik daging, bakso dan sosis dengan bahan-bahan segar seperti ikan, jamur, dan sayuran.

Alih-alih menggunakan kaldu sup siap saji yang dapat mengandung natrium dalam jumlah tinggi, persiapkan kaldu Anda sendiri dengan merebus tanpa daging, daging ayam tanpa lemak dengan kol putih, wortel dan jagung.

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More