USD
Rp14.096
(+0.1%)
SGD
Rp10.401
(+0.04%)
EUR
Rp15.956
(+0.12%)
AUD
Rp10.044
(+0.5%)
DKK
Rp2.138
(+0.12%)
SEK
Rp1.508
(+1.27%)
CAD
Rp10.621
(+0.4%)
NZD
Rp9.652
(+0.44%)
GBP
Rp18.314
(-0.37%)
HKD
Rp1.796
(+0.11%)
JPY
Rp127
(+0.15%)
SAR
Rp3.759
(+0.09%)
CNY
Rp2.085
(+0.03%)
MYR
Rp3.453
(+0.24%)
THB
Rp452
(-0.03%)

Bupati Serang Jalin Kerjasama Dengan LAN untuk Inovasi Daerah

Milenia.id – Pemerintah Kabupaten Serang, Banten menjalin kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Kerjasama ini sebagai bentuk komitmen Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dalam meningkatkan inovasi pelayanan publik melalui organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah pemerintahannya, diantaranya memperpanjang nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU) dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

“Kami melakukan perpanjangan MoU karena melihat banyak hal positif yang terjadi setelah kerja sama dengan LAN dilakukan. Dari inovasi yg kami buat, terutama pelayanan dasar terhadap masyarakat,” kata Ratu Tatu Chasanah  di sela-sela acara penandatanganan MoU dengan Kepala LAN RI Adi Suryanto di  Jakarta, Jumat.

Selain dengan Pemkab Serang, LAN RI juga melakukan kerja sama dengan LIPI, BPOM, dan Kabupaten Aceh Tengah.

Tatu mengatakan, Pemkab Serang sudah melakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan pemerintah daerah.

“Terkait pelayanan dasar, tingkat kepuasaan masyarakat cukup tinggi. Hal ini tidak lepas dari inovasi-inovasi yang kami buat atas bimbingan LAN. Inovasi ini akan terus kami lanjutkan, terutama pada pelayanan pendidikan dan kesehatan,” katanya.

Menurutnya, berkat bimbingan LAN, peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Serang terlihat cukup baik. IPM Kabupaten Serang 2016 sebesar 65,12  poin, meningkat pada 2017 menjadi 65,60 poin atau mengalami peningkatan sebesar 0,48 poin. Peningkatan IPM tersebut terbesar ketiga setelah Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan.

“Semoga melalui MoU ini, kebijakan kami lebih baik lagi,” katanya.

Tatu menjelaskan, sebelumnya awal 2018, Pemkab Serang sudah melakukan MoU dengan LAN yang disertai dengan perjanjian tentang pelaksanaan Laboratorium Inovasi. “Atas kerja sama ini pula kami telah menghasilkan 54 inovasi yang berasal dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Serang” katanya.

Menurut Tatu, lima tahapan Laboratorium Inovasi telah dilakukan Pemkab Serang, mulai dari drump up, diagnose, design, deliver, dan display. “Untuk tahap akhir display atau pameran telah dilakukan bersamaan dengan Serang Expo 2018 di Kecamatan Cikeusal,” katanya.

Atas keberhasilannya dalam menciptakan 54 inovasi, pada 2018 Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah telah mendapatkan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) Award dari LAN RI. Selain itu, Bupati Serang juga mendapatkan kesempatan dan kehormatan untuk mengikuti program Leaderpreneurship di Singapura.

Ratu Tatu Chasanah merupakan salah satu dari 20 bupati/wali kota yang diundang khusus untuk mengikuti program hasil kerja sama antara LAN dan Civil Service College (CSC)/Temasek Foundation Singapore. Program Leaderpreneurship yang didedikasikan untuk meningkatkan layanan publik, melengkapi layanan publik di masa depan, serta diharapkan mampu berinovasi dengan teknologi.

Kepala LAN RI Adi Suryanto menekankan bahwa MoU ini harus ditindaklanjuti dan diimplementasikan secara nyata di instansi masing-masing dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat terutama bagi pemerintah daerah.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini akan menjadi landasan hukum bagi kerjasama yang lebih luas antara keempat instansi pemerintah dan LAN RI dalam hal kajian kebijakan, pelatihan dan pengembangan kompetensi inovasi administrasi negara, serta pendidikan tinggi guna mendorong terwujudnya pembangunan yang inovatif dan mendukung pencapaian visi dan misi pemerintah saat ini.

Telah banyak inovasi sektor publik yang diciptakan oleh ASN, dan hal tersebut berdampak langsung bagi masyarakat. Hal ini menjadi indikator keberhasilan inovasi disektor publik terutama meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Karya dan inovais yang dibuat, diharapakan pula bisa banyak bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More