USD
Rp14.096
(+0.1%)
SGD
Rp10.401
(+0.04%)
EUR
Rp15.956
(+0.12%)
AUD
Rp10.044
(+0.5%)
DKK
Rp2.138
(+0.12%)
SEK
Rp1.508
(+1.27%)
CAD
Rp10.621
(+0.4%)
NZD
Rp9.652
(+0.44%)
GBP
Rp18.314
(-0.37%)
HKD
Rp1.796
(+0.11%)
JPY
Rp127
(+0.15%)
SAR
Rp3.759
(+0.09%)
CNY
Rp2.085
(+0.03%)
MYR
Rp3.453
(+0.24%)
THB
Rp452
(-0.03%)

Cari Tau,  Beragam Pilihan Makanan Sehat Setelah Berolahraga

Milenia.id – Saat ini,  gaya hidup sehat mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk kamu, para milenials. Caranya juga terbilang mudah dan beragam, misalnya dengan rajin berolahraga dan menjaga pola istirahat yang cukup.

Kita semua sering merasa bahwa rajin berolahrga juga sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.  Ternyata,  ini belum cukup, lho.

Butuh manajemen hidup yang pas dalam memenuhi kebutuhan energi dengan mengkonsumsi makan-makanan sehat dan bergizi.

Yuk, pilih dan persiapkan makanan-makanan sehat setelah berolahraga dengan tepat, dilansir dari alodokter.com,  Senin (28/1/2019).

Konsumsi makanan yang tepat sangat penting, terutama setelah berolahraga berat. Makanan ini terutama berperan membantu mempercepat pemulihan dan mengembalikan cadangan energi.  Selain itu juga dapat membantu pembentukan jaringan otot baru serta mengembalikan keseimbangan elekrolit dan cairan tubuh.

Memilih Makanan Sehat Setelah Berolahraga

Makan setelah berolahraga disarankan sekitar 45 menit setelah berolahraga. Peneliti menemukan pentingnya mengonsumsi karbohidrat dan protein dalam jumlah tepat. Sebagai gambaran, orang yang berolahraga dapat mengonsumsi 30-40 gram karbohidrat sehat dan 20-30 gram protein tanpa lemak, untuk meningkatkan ukuran otot.

Yuk, cek makanan apa saja yang bisa jadi pilihan setelah berolahraga:

Nasi, kentang, telur dan daging ayam
Kamu bisa mengonsumsi pilihan protein dan karbohidrat sehat, terutama setelah melakukan olahraga yang membutuhkan ketahanan fisik seperti berlari dan berenang. Kamu bisa pilih oat, kentang rebus, nasi merah atau putih, dengan telur atau sayur capcay dan dada ayam tanpa kulit. Pastikan porsinya tidak berlebihan ya!

Minuman

Air mineral mungkin cukup jika kamu berolahraga kurang dari 1 jam. Tetapi minuman elektrolit mungkin dibutuhkan jika kamu berolahraga lebih lama. Selain itu susu cokelat rendah lemak ataupun smoothie berisi perpaduan yoghurt, susu almond, dan kedelai juga bisa menjadi pilihan.

Ubi jalar dan salmon

Menyantap salmon dengan ubi jalar untuk mengembalikan tenaga setelah lelah berolahraga. Ikan yang kaya dengan protein dan omega3 ini dapat membantu meringankan peradangan otot pascaolahraga. Kamu dapat mengolah ubi dengan cara dipanggang ataupun ditumbuk.

Energy bar

Untuk kamu yang sangat sibuk, dan ingin pilihan makanan yang lebih praktis, energy bar dapat menjadi pilihan tepat. Pilih energy bar yang mengandung 5 gram protein, dengan karbohidrat dan sedikit lemak. Meski terlihat kecil, makanan ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan setelah berolahraga.

Makanan ringan

Roti gandum dengan tuna atau selai kacang bisa jadi pilihan makanan ringan kaya lemak sehat, serat dan protein. Selain itu kamu juga bisa memilih yoghurt tanpa lemak dengan setengah cangkir buah potong atau pisang, atau pisang dengan 1 sendok makan selai kacang atau almon. Sebagai selingan, bisa juga sediakan quinoa, buah potong, oatmeal, pasta, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah kering.

Selain mengetahui makanan yang disarankan setelah berolahraga, kamu juga perlu mengenali makanan apa saja yang sebaiknya dihindari. Setelah berolahraga, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak, seperti gorengan atau junkfood. Selain membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, makanan seperti ini dapat menambah kadar lemak dalam tubuh.

Hal terpenting, kamu perlu ingat bahwa tubuh setiap orang berbeda. Penting untuk mengenali kebutuhan tubuhmu sendiri sehingga bisa menemukan makanan yang tidak hanya sehat, tapi juga bisa dinikmati. Untuk itu, kamu juga dianjurkan untuk menghitung kebutuhan kalori per hari sesuai indeks massa tubuh.

Mengatur makanan dan berolahraga secara teratur, memegang peranan penting dalam pola hidup sehat. Jangan sampai kamu tidak makan setelah berolahraga, karena bisa menghambat perkembangan jaringan otot. Mulai sekarang, yuk mulai mengonsumsi makanan sehat setelah berolahraga agar manfaatnya lebih optimal.

Selamat bekerja di hari Senin….

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More