USD
Rp14.117
(+0.34%)
SGD
Rp10.472
(+0.15%)
EUR
Rp16.075
(+0.05%)
AUD
Rp10.056
(-0.04%)
DKK
Rp2.154
(+0.05%)
SEK
Rp1.541
(+0.03%)
CAD
Rp10.583
(+0.47%)
NZD
Rp9.731
(-0.23%)
GBP
Rp18.552
(+0.48%)
HKD
Rp1.799
(+0.31%)
JPY
Rp128
(-0.51%)
SAR
Rp3.770
(+0.16%)
CNY
Rp2.110
(+0.29%)
MYR
Rp3.488
(-0.01%)
THB
Rp445
(+0.29%)

Barok dan Rokoko, Genre Musik Pertama Yang Dikenal Dunia

Milenia.id – Kalau berbicara tentang musik, siapa sih yang tidak mengenalnya? ParaMilenia pastinya suka kan mendengarkan musik. Apapun genre musik yang ParaMilenia dengar, pastinya ada permulaan darimana musik diperkenalkan.

Kali ini Milenia.id mau kasih Para Milenia info tentang Genre musik Barok dan Rakoko yang katanya merupakan genre musik pertama yang ada di dunia. Pingin tau kan kisahnya ?

Musik merupakan suatu suara yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah irama , lagu, harmonisasi yang di hasilkan dari sebuah alat yang menghasilkan bunyi-bunyian.

Konon diceritakan dari beberapa literatur yang Milenia.id dapat, musik sudah ada sejak zaman purbakala. Dimana pada saat itu musik lebih sering digunakan untuk berbagai ritual, upacara adat hingga berkembang menjadi sebuah kebudayaan dan ritual keagamaan di beberapa tempat peradaban yang berbeda-beda tentunya. Hingga pada akhirnya, musik menjadi sebuah sarana hiburan untuk urusan duniawi

pada abad ke -2 dan ke-3 sebelum Masehi, di Mesir dan Tiongkok musik sudah memiliki bentuk tertentu. musik semakin digemari oleh masyarakat Eropa setelah mendapat pengaruh dari budaya musik Mesir dan Babilion yang kemudian berkembang menjadi musik Hibrani dan dijadikan sebagai music Gereja. Banyaknya pengembara-pengembara yang berkeliling ke suatu tempat sambil menyanyikan lagu yang dipakai pada upacara gereja. Akibatnya Musik menjadi dikenal di seluruh daratan Eropa.

Seiring  dengan berjalannya waktu, kemudian sejarah music sampai kepada abad pertengahan. Dimana pada zaman itu, musik tidak lagi digunakan sebagai sarana untuk melakukan ritual adat keagamaan melainkan tumbuh dan berkembang menjadi kebutuhan hiburan duniawi. Hingga sampai kepada zaman Renaisance, yang berarti kelahiran kembali tingkat kebudayaan tinggi yang telah hilang sejak zaman romawi. Musik mulai dipelajari dengan ciri-ciri khusus seperti nyanyian percintaan dan kepaerwiraan yang sontak membuat musik gereja mengalami kemunduran. Kemajuan musik pada zaman Renaisance ditunjukan dengan adanya genre musik baru seperti Barok dan Rokoko.

Aliran music Barok dan Rakoko ini memiliki sifat yang hampir sama, yaitu dengan pemakaian Ornamentik (Hiasan Musik). Perbedaan dari kedua aliran tersebut terletak pada sisi pengolahannya, Aliran music Barok dimainkan dengan menggunakan spontanitas dan felling pemainnya, sedangkan Aliran musik Rokoko dimainkan dengan cara semua hiasan ornamentiknya sudah diatur dan dicatat dalam sebuah tulisan. Beberapa komposer ternama pada zaman itu diantaranya, Johan Sebastian Bach dan George Fredrick Haendel .

Setelah zaman tersebut, barulah muncul genre musik Klasik yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya beberapa jenis musik yang trend sampai sekarang seperti, blues, rock, jazz dan lain sebagainya.

Wah, gak nyangka ya? Ternyata Barok dan Rakoko yang menghadirkan inspirasi buat para musisi dunia buat mengimprovisasi dan menulis lagu !! Tetap Semangat ParaMilenia!!

Baca Juga
Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More